10 KARAKTERISTIK PROGRAMMER YANG BAIK

Keinginan untuk Belajar

Saat ini perkembangan teknologi sangatlah cepat, ada banyak Bahasa-bahasa pemrograman baru, library baru, dan sebagainya. Maka programmer sangat di tuntut untuk selalu haus akan ilmu, karena bukan tidak mungkin beberapa tahun, bahkan bulan yang akan datang bisa jadi ilmu yang sebelumnya kita miliki akan menjadi usang. Jadi penting untuk kita selalu upgrade skill yang dimiliki oleh programmer sesuai dengan kemajuan teknologi yang ada.

Lingkungan Kerja

Seorang programmer memiliki karakter yang berbeda-beda, beberapa programmer membutuhkan suasana hening saat berkonsentrasi. Namun ada juga yang dapat bekerja dalam suasana yang sedikit berisik. Sangat penting bagi HRD mengetahui kenyamanan programmer tersebut untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dari programmer tersebut.

Kemampuan dalam membuat rencana

Programmer yang baik akan melakukan analisis terlebih dahulu tentang produk yang akan dibuat. Begitu dia menyelesaikan analisis tentang aplikasi tersebut, programmer akan merancang struktur program terlebih dahulu sebelum mengetik baris kode pertama. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir tingkat kesalahan dalam membuat aplikasi.

Menghargai deadline

Sebagian besar programmer mengerjakan proyek dengan deadline. Dengan hal ini programmer dapat melatih bagaimana manajemen waktu yang baik, dengan catatan deadline yang diberikan sesuai dengan tingkat kesulitan yang ada dan dengan skill yang di miliki oleh si programmer. Dan si programmer juga harus respect dan tanggung jawab dengan deadline yang telah di berikan.

Kesediaan melakukan riset

Untuk membuat suatu aplikasi terkadang kita memerlukan suatu riset. Programmer yang baik harus mau belajar hal baru tentang industri tertentu untuk merancang program yang sesuai untuk pelanggannya. Hal ini sangat membantu dalam kelancaran dalam pembuatan aplikasi.

Mentalitas Kerja Tim

Seorang programmer jarang bekerja sendiri, biarpun dia satu-satunya pengembang di sebuah perusahaan. Kemampuan untuk bekerja dengan orang lain dari departemen yang sama maupun yang berbeda sangat penting.

Kemampuan berkomunikasi

Hal ini tentu jelas bukan sesuatu yang programmer ‘banget’, karena programmer biasanya cenderung lebih diam. Kemampuan programmer untuk berkomunikasi dan berinteraksi tentu dapat menjadi nilai tambah, karena diskusi merupakan hal penting dalam tim kerja. Jadi penting juga untuk menguji keterampilan berkomunikasi seorang programmer.

Passion

Penting untuk mengetahui tingkat gairah seorang programmer, semangatnya untuk membuat program mencerminkan dedikasi dan hasil akhir yang baik. Seorang programmer yang cinta akan pekerjaannya biasanya dapat menghabiskan hari-harinya di depan komputer dan mengetik kode program.

Keterampilan Debugging

Seorang programmer yang baik dapat mengenali akar dari permasalahan dengan cepat jika ia memiliki kemampuan debugging yang baik. Jika programmer dapat menangani bug dalam kode yang dia buat sendiri dengan baik maka dia adalah seorang yang tepat untuk dipekerjakan dibidang tersebut.

Referensi : https://www.codepolitan.com/15-karakteristik-programmer-yang-baik-5a6d9b9a5f419

Share this: